Membandingkan 2 Aplikasi Kredit Online: Kredivo Vs Akulaku

9 Aug , 2019 Uncategorized

Fintech semakin menjamur beberapa tahun belakangan. Mulai dari fintech jenis e-wallet, kredit online, hingga investasi, hampir semua layanan keuangan finansial memiliki versi digital-nya. Dari sekian banyak jenis fintech, layanan kredit online adalah salah satu yang menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, hal ini bisa dibilang terjadi karena sebelumnya akses kredit ke lembaga keuangan konvensional terbilang susah. 

Dari sekian banyak layanan kredit atau pinjaman online, terdapat dua nama yang cukup familiar. Kredivo, dan Akulaku. Mungkin saat ini sudah banyak tersedia layanan Pay Later dari sejumlah fintech e-wallet. Namun Kredivo dan Akulaku, keduanya sedari awal fokus pada layanan kredit melalui online. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas perbandingan keduanya secara keseluruhan. Apabila kamu sedang mencari dan menimbang-nimbang yang mana yang lebih baik, maka kamu datang ke artikel yang tepat!

Perbandingan limit, tenor, dan bunga

Kredivo

Kredivo memberi pinjaman dalam bentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta. Limit itu nanti bisa digunakan untuk belanja online dan offline di ratusan merchant rekanan Kredivo, atau dicairkan dalam bentuk dana tunai. Terdapat dua jenis akun di Kredivo. Akun Basic, dan Akun Premium. Kamu harus menentukan jenis akun yang dipilih. Apabila mau menikmati semua fasilitas kredit seperti kredit dalam 30 hari tanpa bunga, cicilan barang s.d 12 bulan, pinjaman tunai, dan fitur pembelian tiket pesawat, pulsa, paket data, dan yang lainnya. Bunga yang dikenakan Kredivo untuk belanja mulai dari nol persen untuk tenor 30 hari, atau 2,95 persen per bulan untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan. Sedangkan untuk pinjaman tunai, bunga yang dikenakan mulai dari 2,95 persen hingga 4 persen per bulan untuk tenor 3 hingga 6 bulan. 

Akulaku

Akulaku memiliki limit berbeda di setiap merchant. Namun limit maksimal yang diberikan sebesar Rp 25 juta. Untuk belanja memakai Akulaku di e-commerce rekanan mereka, kamu harus punya riwayat belanja di situs Akulaku dengan minimal transaksi sejumlah Rp 200 ribu, atau memiliki riwayat belanja di e-commerce tersebut selama 6 bulan terakhir. Selesai memilih barang, kamu akan diminta mengisi data diri dan membayar uang muka. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor akun virtual. Terdapat proses verifikasi terlebih dahulu dari pihak Akulaku. Jika pembelian disetujui, barang akan segera dikirim. Namun jika ditolak, uang muka akan dikembalikan pihak Akulaku. Ada juga layanan KTA kilat mirip Kredivo. Pinjaman tunai Akulaku maksimal Rp 2 juta dengan tenor pengembalian paling lambat 30 hari. Suku bunga untuk layanan KTA kilat sebesar 1 persen per hari.

Perbandingan banyaknya rekanan yang menyediakan layanan kredit online

Banyak e-commerce atau toko offline yang telah bekerja sama dengan Kredivo atau Akulaku untuk layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Kredivo

Kredivo telah bekerja sama dengan sejumlah e-commerce dan toko offline. Untuk e-commerce Kredivo telah tersedia sebagai salah satu opsi pembayaran di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk toko offline, Kredivo juga telah bekerja sama dengan sejumlah merchant seperti Sentra Ponsel, Global Teleshop, Samsung Store, Fit 20, dan masih banyak lagi. 

Akulaku

Akulaku sendiri sudah memiliki marketplacenya sendiri, berbeda dengan Kredivo yang berfokus untuk menjadi opsi pembayaran pada merchant lain. Akulaku juga bekerja sama dengan sejumlah UMKM untuk menjadi opsi pembayaran. Penilaian perbandingan Kredivo vs Akulaku dalam hal ini, tergantung dari pengguna sendiri yang menentukan. Karena setiap orang memiliki marketplace favoritnya masing-masing.

Denda pada kredit online Kredivo Vs Akulaku

Besaran biaya denda juga menjadi hal yang diperhatikan nasabah. 

Kredivo

Denda yang dikenakan Kredivo, baik cicilan maupun kredit besaran denda tidak berubah yaitu sebesar 3% dari total tagihan. 

Akulaku

Di Akulaku denda yang dikenakan ada dua, untuk pinjaman dan cicilan. Besaran denda untuk pinjaman jika terlambat dalam pembayaran akan dikenakan 1% setiap harinya, dan untuk cicilan 10% perbulan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *