Tips Memilih Baju Muslim Anak yang Nyaman Dikenakan

18 Apr , 2018 Fashion

Sarung Celana Anak Baju Koko

Baju Muslim akhir-akhir ini menjadi salah satu tren seiring dengan banyaknya fashion dan mode yang berkembang sesuai selera pasar. Tak hanya itu saja, banyak yang menyadari pentingnya menggunakan baju Muslim yang memberi kesan santun tanpa menghilangkan kesan modis dan fashionable. Sehingga tren busana Muslim ini tak hanya populer di kalangan remaja dan dewasa saja melainkan juga di kalangan anak-anak. Ya, busana Muslim ini juga digemari oleh anak-anak khususnya untuk anak usia 3 hingga 11 tahun. Baju Muslim anak pun kian hari kian beragam saja modelnya. Namun jika salah pemilihannya, justru akan memberi rasa ketidaknyamanan pada anak.

Baju Muslim seringnya memiliki lengan panjang, terutama untuk anak-anak perempuan, oleh karena itu anak-anak mudah merasa gerah dan kurang leluasa bergerak karena anak-anak cenderung memiliki aktivitas yang banyak dan pertumbuhannya pun cepat. Namun, meski demikian, bukan berarti kemudian Anda mengurungkan niat Anda untuk membelikan anak-anak Anda busana Muslim. Sebab memakaikan mereka busana Muslim akan mendorong mereka memiliki kepribadian agamis dan karakter yang baik karena sedari dini sudah diajarkan untuk mengenal nilai-nilai keagamaan. Untuk anak-anak perempuan, membiasakan diri memakai baju Muslim sedari kecil akan membuatnya terbiasa memakai hijab sehingga ketika akil baligh-nya tiba, mereka sudah tidak risih menggunakan jilbab yang merupakan kewajibannya.

Tips memilih baju muslim anak

Saat-saat menjelang Ramadhan seperti sekarang ini adalah momen yang tepat untuk memperkenalkan pada anak-anak untuk memakai busana Muslim. Selain dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan seperti buka puasa bersama, pesantren kilat atau TPA, baju muslim anak juga cocok digunakan saat Hari Raya Idul Fitri tiba untuk shalat Ied atau ke acara silaturahmi. Bagi orangtua, memilihkan baju Muslim yang tepat untuk anak-anak merupakan kewajiban. Berikut ini adalah beberapa tipsnya yang mungkin dapat membantu Anda:

1. Nyaman dan sesuai ukuran.

Baju muslim harus nyaman dan ukurannya sesuai. Anak-anak mengalami masa pertumbuhan yang cepat dan cenderung melakukan aktivitas yang banyak seperti berlari-lari, melompat dan bermain bersama teman-temannya sehingga pilihlah bahan baju Muslim untuk anak yang terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Sehingga busana tersebut tidak akan menimbulkan reaksi iritasi ataupun alergi pada kulit anak. Selain pemilihan bahan, pemilihan ukuran juga tak kalah penting. Hal ini dikarenakan pertumbuhan anak yang cepat akan cenderung membuat pakaiannya lebih mudah sempit. Sayang jika baju Muslim hanya digunakan selama beberapa bulan saja, sehingga pilihlah yang satu ukuran lebih besar.

2. Model dan warna yang sesuai karakter.

Untuk baju Muslim bagi anak-anak, tak perlu model yang aneh-aneh. Baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki modelnya harus simpel, tidak ribet dipakai dan tidak ada penambahan aksesoris yang berlebihan seperti renda atau payet yang akan mengganggu gerak mereka. Selain itu aksesoris tambahan seringkali justru menimbulkan iritasi pada kulit anak. Sesuaikan saja motif dan warnanya dengan karakter anak.

3. Sesuaikan dengan aktivitas anak.

Jika memang anak-anak Anda juga memakai baju Muslim untuk bepergian ke acara-acara santai, sebaiknya bedakan atau pisahkan dengan baju Muslim anak lainnya yang digunakan untuk acara-acara semi formal dan formal. Jangan dicampur atau sendirikan saja. Sehingga lebih awet dan tidak mudah kotor. Untuk anak-anak perempuan, ada baiknya untuk memilih baju Muslim dengan jilbab yang tidak licin agar tidak menganggu aktivitasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *